Pentagram

Pentagram

Dalam ajaran Taoisme yang mengedepankan keselarasan dengan alam melalui pendekatan Yin dan Yang, lambang pentagram disebut sebagai perpaduan seimbang lima unsur yaitu: Chi (bumi/tanah), Ka (api), Fu (angin), Sui (air) dan Ku (roh, jiwa/ether, bahkan ada yang menyebutnya sebagai cahaya, petir, kayu dan lain – lain tergantung pada tempat dan adat istiadat masing masing). Kelima unsur ini merupakan sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Pentagram tidak hanya masyhur di dunia timur. Di dunia Barat sendiri, khususnya Yunani pada masa phytagoras, lambang ini biasa digunakan sebagai penghubung dalam ritual – ritual pemujaan terhadap dewa – dewi mereka, terutama Venus (aphrodite). Lambang ini makin populer dan digemari pada saat Barat mulai memasuki abad – abad Pencerahan. Para ilmuan Barat yang sudah terlalu lama terkungkung dalam kuasa otoriter gereja, merayakan euforia kebebasannya dengan mengadopsi pengetahuan – pengetahuan occultisme dan mistis yang selama ini dilarang keras oleh gereja karena dianggap Heretic dan menyesatkan. Akan tetapi para ilmuan ini justru berpikir sebaliknya, mereka menganggap justru pengetahuan – pengetahuan tersebutlah yang mampu membimbing mereka pada “kenyataan” dan “kebenaran” sejati. Ini dibuktikan dari menjamurnya secret societ yang memiliki ideologi mistis dan occultis, dan antusiasme mereka untuk ikut bergabung dan terlibat dalam secret society tersebut. Seperti Illuminati, freemasonry, dan Rossycrusian yang memiliki jaringan kuat dan luas diseluruh dataran Eropa.

Salah satu cabang ilmu occultis yang biasa menggunakan pentagram sebagai media utamanya adalah “Alchemy”. Adalah Theoprathus Bombastus von Hohenheim, yang dikenal sebagai paracelsus, seorang alchemy occultis dalam bukunya de occulta philosophia menulis: “Dengan dua lambang ini (pentacullum/pentagram dan sigillum/hexagram) orang – orang Israel dan Yahudi Necromantik* (*necromancer = salah satu “cabang” alchemy yang diklaim mampu membangkitkan dan mengembalikan orang mati) telah melakukan dan menghasilkan banyak hal. Hal – hal ini sangat terjaga kerahasiaannya dan hanya diketahui sejumlah orang. Kedua komunitas ini mempunyai kekuatan yang hebat sehingga mereka bisa melakukan segala sesuatu dengan huruf dan kata”. Pada kenyataannya, Aleister Crowley yang mendirikan secret society The Golden Dawn telah menetapkan lima ritus upacara baku dalam ajarannya yang meliputi: Invoking Pentagram the ritual of earth, invoking pentagram the ritual of air, invoking pentagram the ritual of fire, invoking pentagram the ritual of water dan supreme invoking ritual of pentagram. ini tidak mengherankan karena Crowley sendiri adalah “alumnus” Illuminati.
over a year ago

metalica

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s